Image result for Panduan Memilih Sepatu Pria Formal
Saat sudah mulai bekerja di kantor dan berubah status jadi eksekutif muda, maka sudah semestinya penampilan Andapun ikut berubah. Mulai sekarang, lupakan sepatu kets Kamu yang nyaman, jeans robek, dan back pack super besar ketika jam kerja dan berganti dengan setelan resmi, sepatu kantor pria, dan tas kerja yang layak.

Ini bukanlah bermakna Kamu tidak jadi sendiri, namun tampilan yaitu salah satu hal yang dapat beresiko pada perkembangan karir Kamu. Meskipun tetaplah kekuatan dan kompetensi yang akan dinilai selanjutnya namun sebelumnya orang terkagum-kagum dengan materi presentasi Kamu tentu kesan pertama orang lain akan jatuh pada tampilan Kamu.

Sepatu yaitu bagian dari tampilan yg tidak terpisahkan meskipun Kamu mungkin tidak memiliki beberapa puluh gunakan sepatu seperti wanita. Namun tetaplah seseorang pria harus memiliki beberapa gunakan sepatu resmi atau sepatu kantor pria yang sering juga dimaksud dress shoes. Meskipun Kamu yaitu pekerja kreatif yang bekerja di kantor dengan “mood” enjoy, Kamu tetaplah harus memiliki sepatu resmi untuk menghadiri acara kantor client, presentasi bisnis, atau acara-acara resmi yang lain.

Fakta Penting Seputar Sepatu Kerja Pria 

Mengenakan sepasang sepatu kerja pria yang berkwalitas dengan harga yang sebanding dengan kualitasnya akan bikin kamu tampil lebih yakin diri sekaligus akan terasa tambah nyaman hingga Kamu dapat bergerak bebas di kantor. Memakai sepatu berkualitas tinggi yang bukan sekedar mengutamakan jenis, namun juga kenyamanan akan beresiko pada penambahan produktifitas Kamu ditempat kerja, Yang penting, kesehatan kaki Kamu juga semakin lebih terbangun. Berikut ini yaitu beberapa kenyataan penting sekitar sepatu kerja resmi untuk pria.
  • Untuk tahu mutu sepatu yang akan Kamu beli perhatikan konstruksi sepatu dengan jeli.
  • Sepatu kulit yang terbuat dari kulit sapi asli biasanya bernilai lebih mahal dari pada yang terbuat berbahan imitasi.
  • Bagian sol sepatu harus kokoh, dijahit dan terbuat berbahan yang elastis hingga dapat menahan berat tubuh kita dengan mantap.
  • Sepatu untuk ke kantor keluaran brand terkenal biasanya akan tidak terlihat jahitannya hingga terlihat rapi.
  • Sepatu yang berkwalitas akan diperbaiki sampai sekian kali bila terjadi rusaknya.
  • Bagian dalam sepatu yang berkualitas tidak terbuat dari karet atau bahan lain tetapi kulit sapi muda atau calf skin. 
Salah satu sepatu kantor pria paling popular di kelompok eksekutif muda yaitu sepatur Oxford. Sepatu kulit ini memiliki tali untuk menahan kaki Kamu tetaplah pada sepatu. Sepatu resmi seperti ini sangat pas dipakai bila dipadankan dengan setelah jas resmi dengan dasi. Gunakanlah sepatu hitam saat kenakan setelan jas hitam, sepatu oxford berwarna coklat cocok dengan jas berwarna biru navy atau abu-abu. Kompliti tampilan Kamu dengan kaus kaki berwarna gelap polos atau motif yang tidaklah terlalu mencolok. Janganlah memakai kaus kaki berwarna putih untuk sepatu resmi. Kaus kaki berwarna putih hanya pas untuk sepatu berolahraga dan sneakers.

Berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih sepatu kerja pria :
  • Warna. Bila tidak ingin terlalu banyak menggunakan uang untuk beli sepatu, Kamu dapat memilih sepatu resmi dengan jenis yang classic dan warna yang netral. Sepatu-sepatu sekian akan Kamu gunakan selama hidup karena jenisnya yang everlasting.
  • Bahan Sepatu. Bahan sepatu yang paling aman dan disarankan untuk sepatu kantor pria yaitu material kulit asli yang mengkilat atau glossy leather. Sebagian orang lebih menyukai bahan suede atau sepatu yang terbuat dari kulit binatang selain sapi seperti kulit ular atau buaya. Namun beberapa orang yang mensupport gerakan pelestarian lingkungan mungkin berpendapat tidak sama.
  • Bentuk ujung sepatu. Dari pada memilih sepatu dengan jenis persegi panjang baiknya pilihlah sepatu dengan jenis oval atau sedikit runcing. Jenis toe atau ujung sepatu yang dimaksud paling akhir ini lebih classic dari pada yang persegi empat hingga sepatu Kamu terlihat selalu trendi dan berkelas. 
  • Welt, atau celah pada bagian atas sepatu dan bagian sol. Bila jarak welt cukup dekat namun masihlah dapat terlihat, maka Kamu dapat membawa pulang sepatu itu karena masihlah termasuk sepatu yang berkualitas bagus.
  • Sol. Sepatu resmi atau kerja yang berkwalitas dapat diliat dari sol sepatu yang terbuat dari kulit. Sol sepatu harus dijahit dengan kuat dan rapi, tidak cuma dilem. Kamu dianjurkan memilih sepatu dengan sol yang tebalnya kurang lebih ¼ inchi.
  • Broguing. Bila ingin memilih sepatu yang betul-betul resmi baiknya Kamu hindari sepatu yang memiliki detil berbentuk broguing, dengan kata lain hiasan yang berbentuk jahitan yang berlubang pada ujung sepatu yang berperan sebagai “fentilasi” untuk sepatu Kamu.
  • Beli sepatu kerja yang berkwalitas dan mahal memang awal mulanya terlihat seperti memboroskan uang, namun ini sebenarnya yaitu investasi Kamu. Sepatu yang berkwalitas akan tahan dipakai bertahun-tahun hingga Kamu tak perlu beli sepatu berkali-kali. 
Oleh karenanya, Kamu selalu direferensikan untuk beli sepatu safety yang memiliki nuansa classic, berwarna netral, dan tidak diperlengkapi beberapa detil yang aneh terkecuali bila pekerjaan Kamu berada di bagian fashion. Untuk memperoleh sepatu-sepatu resmi berkwalitas seperti ini Kamu dapat berkunjung ke laman bermacam on-line shop sepatu dan memilih jenis sesuai selera.