Image result for Keselamatan Kerja di Area Gudang
Warehouse safety atau keselamatan kerja di gudang merupakan bagian penting yang wajib di kenali oleh setiap pekerja gudang baik itu di bidang manufaktur ataupun di fabrikasi migas. Kamu harus mengerti bahaya yang memengaruhi karyawan bagian pergudangan.

Permasalahan keamanan dan keselamatan untuk sarana produksi didalam gudang mencakup konveyor, perlakuan material dengan cara manual, keselamatan kebakaran, paparan bahan kimia, lockout/tagout, pemakaian forklift, housekeeping, emisi hawa, kebisingan dan ergonomi. Bahaya yang lain diketemukan di pergudangan mencakup bongkar muat material, penyimpanan bahan, keselamatan kebakaran dan stasiun charging forklift.

Beberapa permasalahan yang sering terjadi di tempat pergudangan dapat memengaruhi keselamatan pekerja gudang dan material tersebut. Ini termasuk keadaan pallet jelek/rusak, rack rusak, dimensi tidak teratur, ruang yg tidak mencukupi, batas beban dari rack, kurangnya jarak pada rack ke rack, dan dukungan rack yang kurang kokoh.

Forklift adalah alat angkat angkut yang sangat penting untuk operasi pergudangan. Tidak semua material/bahan yang ada di gudang dapat diangkat dengan cara manual. Apabila terlalu berat maka harus memakai alat bantu trolley ataupun forklift. Tetapi harus di ketahui kalau forklift menyebabkan resiko besar yang bisa membahayakan rekanan, property dan product bila dioperasikan dengan cara tidak benar. Itu penyebabnya hanya karyawan yang terlatih dan memiliki sertifikasi dari disnaker yang bisa jadi operator.

Diluar itu, penyebabnya mungkin kecelakaan kerja mungkin terjadi ketika perlakuan bahan dengan cara manual handling. Ini termasuk cara pengangkatan yang salah dan dapat menyebabkan keseleo dan cedera tangan. Alat pelindung diri (APD) yang Kamu gunakan akan beragam bergantung pada apa bahaya yang kamu tangani. PPE yang perlu Kamu pakai termasuk safety helmet, sepatu safety, sarung tangan, celemek, kaca mata dan perlindungan muka, dan perlindungan pendengaran.

Diluar itu bahaya tersandung dan terjatuh adalah sumber utama dari cedera di semua pergudangan apa pun, karenanya perlu diberikan keterangan yang lebih detail pada setiap pekerja mengenai keselamatan kerja di gudang ketika melakukan safety induction. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan bahaya tersandung dan terjatuh didalam pergudangan mencakup :
  • Tali, selang yang berantakan di lantai ;
  • Membawa material dengan pandangan terhambat/blind spot ;
  • Container yang bocor, tumpahan cairan atau bahan licin ;
  • Kertas ;
  • Pallet yang rusak ;
  • Tidak memakai safety harness ketika bekerja di ketinggian ;
  • Lantai tidak rata, kurangnya pegangan tangan, lantai berlubang ;
  • pencahayaan kurang.