Related image
Keselamatn kerja merupakan prioritas utama untuk pelaut profesional saat kerja diatas kapal. Semua perusahaan pelayaran memastikan kalau crew mereka ikuti prosedur keamanan pribadi dan ketentuan semua operasi yang dibawa di atas kapal

Untuk meraih keamanan optimal di kapal, langkah basic meyakinkan kalau semua crew kapal memakai perlengkapan pelindung pribadi mereka di buat untuk beragam jenis type pekerjaan yang yang dilakukan pada kapal.

Berikut ini yaitu peraalatan basic perlengkapan pelindung diri yang perlu ada di sebuah kapal untuk menanggung keselamatan beberapa pekerja.

1. PAKAIAN PELINDUNG
Baju pelindung yaitu COVERALL yang membuat perlindungan badan anggota awak berbahan beresiko seperti minyak panas, air, percikan pengelasan Dan lain-lain hal semacam ini di kenal sebagai 'Dangri' or 'Boiler Suit'

2. HELMET 
Bagian yang paling penting untuk badan manusia yaitu kepala. Perlu perlindungan paling baik yang siapkan oleh helm plastik keras diatas kapal. Sebuah tali dagu juga disediakan dengan helm yang melindungi helm ditempat ketika ada perjalanan atau jatuh.

3. SAFETY SHOES 
Maksimum dari ruang internal kapal dipakai oleh kargo dan mesin, yang terbuat dari logam keras yang membuatnya canggung untuk awak untuk jalan di sekitar. Sepatu safety yaitu meyakinkan kalau tak ada luka yang terjadi di kaki beberapa pekerja atau crew diatas kapal.

4. SARUNG TANGAN (HAND SAFETY) 
Beragam type sarung tangan yang disiapkan di kapal, sarung tangan ini dipakai dalam operasi di mana hal semacam ini jadi kewajiban membuat perlindungan tangan beberapa orang. Beberapa sarung tangan yang didapatkan sarung tangan tahan panas, untuk bekerja di permukaan yang panas, sarung tangan kapas, untuk operasi pekerjaan yang normal, sarung tangan las, sarung tangan kimia, dan lain-lain.

5. GOOGLES 
Mata yaitu bagian yang paling peka dari badan manusia dan pada oprasi keseharian ada besar kemungkinan untuk cedera mata, kaca pelindung atau kacamata yang dingunakan untuk perlindungan mata, sedang kacamata las dipakai untuk operasi pengelasan yang membuat perlindungan mata dari percikan intensitas tinggi.

6. PLUG 
Di ruang mesin kapal membuahkan nada 110 - 120 db ini adalah frekwensi nada yang sangat tinggi untuk telinga manusia, bahkan juga dalam beberapa menit dapat mengakibatkan sakit kepala, iritasi dan masalah pendengaran. Sebuah penutup telinga atau stiker telinga dipakai pada kapal untuk menyeimbangi nada yang bisa di dengar oleh manusia dengan aman.

7. SAFETY HARNESS 
Operasi kapal teratur meliputi perbaiakan dan pengecetan permukaan yang tinggi yang memerlukan anggota crew untuk mencapai beberapa daerah yg tidak mudah di akses. Safety harness yaitu di pakai oleh operator di suatu ujung dan di ikat pada titik kuat pada ujung talinya.

8. MASKER 
Kan karbon yang melibatkan partikel beresiko dan menor yang beresiko untuk badan manusia bila terhirup segera, untuk hindari masker muka dipakai sebagai perisai dari partikel beresiko.

9. CHEMIKCL SUIT 
Pemakaian bahan kiamia diatas kapal sangat sering dan beberapa bahan kimia yang sangat beresiko apabila berkontak segera dengan kulit manusia, Chemical suit dipakai untuk hindari kondisi seperti itu.

10. WELDING PERISAI 
Welding yaitu aktivitas yang umum diatas kapal untuk perbaikan struktural dan lain-lain. juru las yang diperlengkapi dengan perisai las atau topeng yang membuat perlindungan mata dari kontak segera denagn cahaya ultraviolet dari percikan las. hal semacam ini harus di perhatikan dan baiknya penggunaan Welding sheeld sangat diwajibkan untuk keselamatan pekerja.

Masihlah bayak lagi sebagian perlengkapan keselamatan kerja diatas kapal yg tidak tercatat di artikel, ini cuma beberapa perlengkapan atau PPE yang ada, semuga artikel ini menolong untuk beberapa pelaut terlebih untuk pelaut baru